Indeks Demokrasi


Laporan Riset  Dr Jan Hoesada

PENDAHULUAN

Makalah amat subyektif, sidang pembaca tak perlu setuju dengan pemakalah. Pada tataran kepemerintahan , EIU dari the Economist mengklasifikasikan negara-negara ke dalam empat katagori rezim, yaitu

  • Demokrasi penuh (full democracy),
  • Demokrasi cacat (flawed democracy),
  • Rezim hibrida (hybrid regime), dan
  • Rezim otoriter (authoritarian) dengan ciri-ciri pluralisme politik yang sangat dibatasi, pemilihan umum yang tidak bebas dan/atau tidak adil, ketidakpedulian terhadap pelanggaran hak-sipil dan kebebasan sipil, media yang dikendalikan oleh penguasa,  tidak ada peradilan yang independen.                                                                      

Sistem demokrasi kelihatannya ternominasi sebagai pilihan-rakyat terbaik di muka-bumi dari semua jenis bentuk konstitusi negara-negara  di muka bumi , karena negara dibentuk oleh rakyat, dari rakyat, untuk rakyat , demi rakyat. Semua konstitusi bersistem demokrasi berkaraktaristik sistem pemilu, sistem pembatasan  kekuasaan pemerintah , masa jabatan kepala-negara dan trias-politica. Pemilu NKRI tahun 2024 semoga memberi bukti-konkret kepada dunia bahwa kita mampu ber demokrasi secara baik.  Artikel berjudul The Economist Democracy Index,By regime type, sumberWikipedia, the free encyclopedia, antara lain mengungkapkan sebagai berikut. Demokrasi bermakna kekuasaan dari-rakyat, oleh-rakyat, untuk rakyat dan/atau demi rakyat. Selanjutnya…..