WAWANCARA VIDEO CONFERENCE KSAP DENGAN IPSASB


liputanJakarta – Pada hari rabu tanggal 21 Agustus 2015 pukul 21.30 WIB atau pukul 10.30 waktu Washington D.C, perwakilan dari International Public Sector Accounting Standards Board (IPSASB) melakukan wawancara video conference dengan Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP). KSAP diwakili oleh Ketua Komite Kerja (Komja) Binsar Simanjuntak dan Anggota Komja Dwi Martani serta anggota Kelompok Kerja Mei Ling. Sementara itu, IPSASB diwakili oleh Amy Shreck (Practice Fellow at Governmental Accounting Standards Board (GASB).

Dalam wawancara video conference tersebut dibahas antara lain terkait dengan persiapan yang telah dilakukan oleh KSAP dalam melaksanakan akuntansi berbasis akrual di Indonesia serta penerapan klasifikasi transaksi non pertukaran (non-exchange transactions) pada pendapatan dan beban sebagaimana diatur dalam IPSAS 23 : Revenue from Non-Exchange Transaction (Taxes and Transfer) dan IPSAS 19 : Provisions, Contingent Liabilities and Contingent Assets. Wawancara video conference ini merupakan bagian dari penelitian IPSASB yang baru saja diluncurkan mengenai akuntansi pendapatan (mencakup pertukaran dan non pertukaran) dan akuntansi beban non pertukaran (termasuk manfaat sosial) untuk memetakan kendala dan kebutuhan dalam penerapannya. Wawancara ini dilakukan terhadap negara-negara yang telah menerapkan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual yang sejalan dengan IPSAS.

liputan2Selanjutnya, ketua KSAP dalam wawancara video conference tersebut menggambarkan hal-hal yang telah dilakukan oleh KSAP dalam mempersiapkan pelaksanaan akuntansi berbasis akrual. Terkait dengan proses penyusunan standar mengenai pendapatan, ketua KSAP menyatakan bahwa meskipun Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) tidak secara eksplisit membagi pendapatan berdasarkan klasifikasi pertukaran dan non pertukaran sebagaimana diatur dalam IPSAS, namun dalam proses penyusunan, SAP tetap menjadikan IPSAS sebagai rujukan.

Wawancara video conference yang dilakukan selama kurang lebih 1 jam tersebut, berlangsung dengan hangat dan berakhir pada pukul 22.40 WIB.

(JoA, Masjoko, Mei Ling)