Peluncuran Klinik Akuntansi Tahun 2015


1Jakarta–Kamis, 17 Juni 2015 merupakan salah satu hari yang spesial dalam pelaksanaan akuntansi berbasis akrual sesuai amanat PP 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Pada hari ini Kementerian Keuangan (Ditjen Perbendaharaan) melakukan peluncuran Klinik Akuntansi bertempat di Direktorat APK, Gedung Prijadi Praptosuhardjo III. Peluncuran diresmikan oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Bapak Haryana yang disaksikan oleh para undangan yang terdiri dari Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi, sekaligus Ketua Central Transformation Office (CTO) yang diwakili oleh Bapak Wempi Saputra, Direktur Transformasi Perbendaharaan sekaligus Ketua Project Management Office (PMO) Ditjen Perbendaharaan, beberapa Kementerian Negara/Lembaga, Pemerintah Daerah serta undangan lainnya.

2Acara dimulai dengan laporan dari Ketua Panitia Acara Peluncuran Klinik Akuntansi 2015 yang disampaikan oleh Ibu Yuniar Yanuar Rasyid. Dalam Laporannya beliau menyampaikan bahwa Klinik Akuntansi ini merupakan sarana pendukung dalam membahas permasalahan dalam penyusunan laporan keuangan atau mensosialisasikan aturan-aturan baru kepada stake holders sehingga dapat menghasilkan Laporan Keuangan yang berkualitas sejalan dengan penerapan akuntansi berbasis akrual mulai tahun 2015 ini.

3-1Selanjutnya dalam sambutan mewakili Ketua Central Transformation Office (CTO), Bapak Wempi Saputra mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Ditjen Perbendaharaan. Beliau menyampaikan bahwa pemanfaatan klinik akuntansi ini oleh Kementerian Negara/Lembaga maupun Pemda dapat menjadi layanan unggulan Kementerian Keuangan di bidang akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah.

4-1Acara dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan dari Dirjen Perbendaharaan yang diwakili oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Bapak Haryana. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa hadirnya Klinik Akuntansi ini merupakan salah satu inisiatif baru untuk menjawab tantangan implementasi Akuntansi berbasis akrual. Selain itu beliau berharap Klinik Akuntansi ini dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk berkonsultasi maupun berlatih akuntansi pemerintahan.

5-1Peresmian Klinik Akuntansi dengan ditandai pengguntingan pita dan peninjauan langsung ke dalam Klinik Akuntansi. Selain Klinik Akuntansi juga terdapat Meeting Point, yaitu sebuah ruangan yang disediakan untuk tamu yang ingin bertemu pejabat/pegawai Direktorat APK untuk urusan kedinasan, sebagai bagian dari perwujudan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Acara juga dimeriahkan dengan pemutaran trailer tutorial Aplikasi SAIBA yang merupakan aplikasi akuntansi berbasis akrual yang diterapkan pada pemerintah pusat serta pemecahan balon yang berisi hadiah yang sangat menarik dan ditutup dengan ramah tamah, foto bersama serta hiburan.

6-1Semoga adanya Klinik Akuntansi ini dapat dijadikan pusat konsultasi dan edukasi pemahaman akuntansi akrual di lingkup Kementerian Negara/Lembaga serta Pemerintah Daerah dalam mensukseskan pelaksanaan akuntansi akrual sebagaimana diamanatkan oleh PP 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. (Abuwaldan)